Selasa, 01 Maret 2011

Dinamika: Menciptakan Remaja Unggul Melalui Facebook




“Maraknya penggunaan facebook dikalangan remaja khususnya pelajar, ibarat menggunakan mata pisau yang tajam,” kata Samsul Arifin, Kepala cabang LP3i Sidoarjo dalam sambutan pembukaan Seminar Menciptakan Remaja Unggul & Berprestasi melalui Internet & Jejaring Sosial (Facebook, Twitter & Blogger) di Museum Mpu Tantular, Minggu, 13 Februari 2011.
Masih menurut Samsul, bila pisau digunakan untuk masak maka akan menghasilkan masakan yang lezat tapi bila digunakan untuk kejahatan maka akan merugikan orang lain. Begitu juga dengan facebook, bila penggunaannya tepat maka banyak manfaat yang didapat dan sebaliknya bila digunakan dengan sembarangan maka celaka yang datang.
Seminar yang terselenggara atas kerja sama LP3i Sidoarjo dengan Diknas Sidoarjo ini diikuti tak kurang dari 250 peserta yang terdiri dari guru BK dan wali kelas XII se-Sidoarjo. Sebagai pembicara tunggal yakni Soffy Balgies, M.Psi., Psikolog sekaligus dosen Psikologi IAIN Sunan Ampel Surabaya yang juga penulis buku Memahami Remaja Sepenuh Hati.
Sebelum memberikan materi seminar, Soffy mengajak peserta yang hadir untuk melakukan senam otak yang tujuannya untuk melatih konsentrasi. “Bila konsentrasi sudah ada maka saya bisa memulai menyampaikan materi seminar,” ujar Soffy yang disambut tawa peserta.
“Pendampingan dan bimbingan dari guru terutama guru BK ketika remaja selancar di alam maya ini akan bias mengurangi damapak negative internet bagi perkembangan prestasi mereka. Terjalinnya komunikasi yang intens dengan remaja akan bisa menumbuhkan kedekatan sehingga kita bisa mengetahui sekaligus mengendalikan perilaku negative yang mereka tunjukkan,” tutur Soffy.
Seminar yang berakhir jam 11 siang ini merupakan agenda tahunan LP3i Sidoarjo. “Ini merupakan bentuk rasa terima kasih kami kepada Bapak Ibu guru BK di Sidoarjo yang selama ini membantu kami dalam mencerdaskan sekaligus membekali siswa guna memasuki dunia kerja,” pungkas Samsul Arifin kepada PENA. (YUS)
Caption foto: Suasana seminar Menciptakan Remaja Unggul di Museum Mpu Tantular, 13 Februari 2011. (foto:YUS)

Tidak ada komentar: