Selasa, 01 Maret 2011

Dinamika: Study Wisata Smanita ke Pasuruan dan Bali



Salah satu program sekolah yang wajib dilaksanakan oleh siswa kelas XI adalah mengikuti study wisata. Untuk tahun ini study wisata bagi siswa kelas XI SMAN I Taman dilaksanakan di Pasuruan dan Bali.
Berlangsung selama tiga hari, 24-26 Februari karya wisata dilaksanakan di empat perusahaan yang ada di Pasuruan yakni Pocari Sweat, Indo Food, Chiel Jedang dan Sari Roti. Diikuti sekitar 287 siswa kelas XI jurusan IPA dan IPS dengan guru pendamping sebanyak 19 orang.
“Siswa diharapkan lebih kritis dalam mengadakan study perusahaan ini sekaligus sebagai pengembangan ilmu yang selama ini didapat di sekolah yang nantinya mereka akan lebih terbuka wawasan keilmuannya tentang proses produksi sebuah produk,” ujar Nanik Mudjiastutik,M.Pd., selaku ketua panitia study wisata pada PENA.
Sesaat setelah mengadakan penelitian di perusahaan, seluruh rombongan melanjutkan study wisata ke pulau dewata, Bali. Disini siswa diberi tugas untuk mengamati bentang alam pulau Bali terutama pada obyek wisata yang dikunjungi Tanah Lot, Tanjung Benoa, Pantai Drean Land, Pantai Kuta hingga Danau Bratan atau Bedugul.
“Study wisata ke Bali merupakan pilihan dan kemauan siswa, sekolah hanya mengikuti sekaligus mengantarkannya. Disini mereka tidak hanya bersenang-senang saja melainkan juga membuat deskripsi tentang keadaan alamnya mulai dari pantai hingga danau yang dikunjungi,” kata H. Maryoto, M.Pd., selaku Waka Kesiswaan.
Tindak lanjut dari study wisata ini, siswa diwajibkan membuat laporan berkelompok yang selanjutnya hasil laporan ini akan didokumentasikan di perpustakaan sekolah. (YUS)
caption foto: Peserta study wisata beserta guru pendamping di perusahaan Pocari Sweat Pasuruan. (foto:YUS)

Tidak ada komentar: