Sabtu, 11 Desember 2010

Dinamika: Pelatihan Robotik di SMPN 3 Taman




Istilah pelatihan seringkali diidentikkan dengan guru tapi untuk pelatihan yang satu ini beda. Bedanya, walau namanya pelatihan tapi pesertanya siswa SMP dan materi pelatihannya tentang pembuatan robot.
Setidaknya ini terjadi di SMPN 3 Taman, selama dua hari, 10-11 Desember 2010 sekitar 36 siswanya mengikuti pelatihan pembuatan robot. Bertempat di ruang ketrampilan SMPN 3 Taman, pelatihan kali ini dibimbing oleh mahasiswa jurusan D4 Elektronika PENS ITS Surabaya.
“Kami ingin mendarma bhaktikan ilmu yang kami dapat dari bangku kuliah ke adik-adik SMP. Senyampang mereka masih mudah setidaknya sudah mempunyai bekal pengetahuan dan ketrampilan tentang dasar-dasar robot,” ujar Eko Budi Utomo, selaku ketua pembimbing robotik dari PENS ITS kepada PENA.
Pelatihan robotic ini sebagai tindak lanjut dari mata pelajaran ketrampilan elektronika di SMPN 3 Taman. “Karena jam ketrampilan hanya dua jam dalam seminggu ini dirasa sangat kurang bagi siswa untuk lebih bisa mendalami dunia elektronika. Untuk itulah diadakan pelatihan khusus pembuatan robot. Walau hanya konsep dasar robot ini akan sangat berguna bagi siswa di kelak kemudian hari,” tutur Drs. H. Endik Prasetya,M.Pd., guru ketrampilan elektronika tatkala mendampingi siswanya mengikuti pelatihan.
Dalam pelatihan ini siswa dibagi menjadi delapan kelompok yang msing-masing kelompok terdiri dari empat orang dan dibimbing oleh seorang mahasiswa PENS ITS. Selain teori tentang cara kerja robot juga diadakan pembuatan robot yang bisa membedakan warna putih dan hitam. Masing-masing kelompok membuat robot yang bentuknya seperti mobil hanya saja jalannya sesuai dengan jalur warna yang diprogramkan. “Robot pendeteksi warna ini bisa diaplikasikan di bidang militer yakni untuk mendeteksi ranjau serta bisa digunakan di pabrik sebagai alat bantu sortir barang,” lanjut Eko Budi yang pernah menjuarai kompetisi roket Indonesia 2010 di Yogyakarta sebagai juara I.
Menurut catatan PENA di Sidoarjo baru ada dua SMP negeri yang minat di dunia robot yakni SMPN 1 Sidoarjo dan SMPN 3 Taman. Khusus di SMPN 3 Taman, pelaksanaan pelatihan robotic ini sebagai pengembangan dari mata pelajaran ketrampilan elektronika. “Di pelajaran elektronika mereka sudah memiliki bekal pengetahuan dan ketrampilan untuk itulah sebagai jawaban atas tantangan jaman yang semakin canggih sekolah memfasilitasinya dengan mengajak kerja sama PENS ITS Surabaya dalam memberikan pelatihan robotic bagi siswa kami,” kata Hj. Retno Utari HP, S.Pd, Kepala SMPN 3 Taman. Selain siswa, pihak orang tua sangat mendukung kegiatan semacam ini, untuk itu sekolah akan menjalin kerja sama dengan PENS ITS untuk kelanjutan pelatihan tentang pembuatan robot ini.
“Jadi kedepan, diharapkan siswa bisa membuat robot yang lebih canggih lagi serta aplikatif dan kami menginginkan siswa yang minat di dunia robot ini nantinya bisa menuai prestasi di setiap ajang lomba cipta kreasi robot,” harap Hj, Retno yang pernah menjadi guru berprestasi juara I Sidoarjo tahun 2004 lalu. YUS
Caption: 1. Siswa SMPN 3 Taman sedang merakit robot.
2. Peserta pelatihan robotic dengan robot pendeteksi warna hasil kreasinya. (foto-foto:YUS)

Tidak ada komentar: