Senin, 22 November 2010

Dinamika: Diklat Jurnalistik di Maduwa



Guna mengasah bakat minat dikalangan pelajar Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru (MADUWA) di bidang jurnalistik, hari Minggu tanggal 21 Nopember lalu diadakan Diklat Jurnalistik tingkat dasar.
Diklat yang diikuti sekitar 25 siswa ini dipandu oleh Yupiter Sulifan, wartawan tabloid PENA Diknas Sidoarjo bertempat di ruang pertemuan Maduwa. Materi diklat yang disampaikan pemateri adalah seputar sejarah jurnalistik, teknik wawancara dan menulis berita, persiapan menerbitkan majalah sekolah hingga personalia dalam media cetak.
Antusias peserta mengikuti diklat jurnalistik ini terlihat sejak awal yakni ketika disodori kuis tentang minat peserta dibidang wartawan tulis, fotografer atau penulis. Rata-rata peserta berminat untuk menjadi fotografer dan penulis sedangkan yang berminat menjadi wartawan tulis hanya ada empat orang. Alasannya, fotografer dan penulis itu pekerjaannya lebih menantang daripada wartawan tulis.
Diakhir diklat jurnalistik yang kedua ini peserta dibagi menjadi lima kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan lima orang. Setiap kelompok diberi tugas membuat majalah mini dengan jumlah halaman delapan halaman serta diberi batas waktu mengerjakan hanya dua jam.
Dengan cekatan dan trampil mereka membolak balik majalah atau koran yang mereka bawa untuk mencari bahan artikel yang cocok untuk majalah mereka. Walau waktunya mepet, akhirnya peserta diklat jurnalistik bisa menyelesaikan pembuatan majalah mini tepat waktu dengan berbagai model kreasi.
“Kami berharap dengan adanya diklat jurnalistik ini kemampuan menulis siswa semakin meningkat sehingga bisa menghidupkan mading dan menerbitkan majalah siswa yang dijadwalkan terbit dua kali dalam setahun. Juga akan memberikan wawasan tentang dunia kerja sebagai wartawan untuk bekal masa depan mereka,” urai M.Fanani,S.Sos selaku Kaur Kesiswaan
Caption foto: Peserta diklat sedang mencermati majalah dan surat kabar untuk mengisi majalah mini mereka. (foto:YUS)

Tidak ada komentar: