Sabtu, 13 November 2010

Bunga Rampai: Unik Menarik di SIEDEX 2010







Agenda tahunan yang rutin digelar kantor Dinas Pendidikan kabupaten Sidoarjo adalah pameran pendidikan atau Sidoarjo Education Expo (SIEDEX). SIEDEX tahun ini berlangsung mulai tanggal 11 hingga 14 Nopember 2010 bertempat di Hall Sun City Sidoarjo dengan dibuka oleh Bupati Sidoarjo, H.Saiful Illah.
Puluhan KB/TK hingga SMA/SMK turut berpartisipasi dalam acara ini. Mereka menampilkan hal-hal baru dan bahkan yang unik menarik dari sekolahnya masing-masing. Semisal kreasi dari SMKN 1 Buduran yang hamper setiap tahun mengeluarkan kreasi uniknya. Untuk tahun lalu sekolah yang terletak dijalan Jenggolo ini menampilkan art nail (menghias kuku) dan untuk SIEDEX kali ini menghadirkan Body Painting. Berbekal pengetahuan yang cukup serta ketrampilan pribadi, seorang siswi menghias tubuh siswi lainnya. Dengan menorehkan cat khusus secara teliti dan hati-hati maka terciptalah lukisan dasar laut ditubuh siswi sang model. Aksi ini cukup menyita perhatian banyak pengunjung pameran.
Bukan itu saja, SMKN 1 Buduran juga menciptakan lambang kota Sidoarjo yakni huruf ‘S’ dibentuk udang dan bandeng dari krupuk. Huruf ‘S’ yang tingginya mencapai 1 meter ini disusun dari krupuk yang menghabiskan sekitar 5 kg krupuk mentah ‘made in’ Sidoarjo. “Krupuk udang, kupang adalah khas Sidoarjo, kami tampilkan dengan bentuk lain yakni huruf ‘S’ sebagai lanbang kota delta,” ujar Dra. Supramesti Bibit R sang kreatornya sekaligus guru di SMKN 1 Buduran.
Ada diaroma manusia purba dari Mojokerto cukup membuat pengunjung terkesima. Pelayanan tensi darah oleh kader-kader muda SMP Muhammadiyah 2 Sidoarjo hingga terapi konsentrasi yang disuguhkan komunitas SMPN Taman. Dalam terapi konsentrasi ini setiap pengunjung diberi tugas mengurutkan sebuah lingkaran logam pada lekukan logam lainnya. Dengan catatan tidak boleh bersentuhan dan bila bersentuhan maka terapi gagal dan akan terdengar sirine pertanda yang diterapi ini gagal. YUS
Foto-foto:YUS

2 komentar:

museumgeologiku mengatakan...

Ralat: diorama manusia purba yang dipamerkan di SIEDEX 2010 bukan dari Mojokerto. Patung tersebut milik Museum Geologi (Bandung) dan merupakan rekonstruksi kehidupan Homo erectus. Sejauh ini di Mojokerto belum ditemukan manusia purba jenis Homo erectus. Terim kasih.

Y. Sulifan mengatakan...

oh ya mohon maaf atas kekeliruan penulisan dan terima kasih atas ralatnya.