Kamis, 26 Juli 2007

Padupadan Filodendron - Ikan Hadirlah Hidrorium


Keeksotikan philodendron akan nampak menonjol tatkala dinikmati sendiri. Baik bentuk tajuk daun ataupun keadaan daunnya itu sendiri. Tapi, bukan berarti kehadirannya tidak bisa disandingkan dengan elemen lain. Kolaborasi philidendron dengan elemen lain ini tentu diharapkan akan menambah semarak.
Salah satu bentuk kolaborasi philodendron dengan elemen lain yakni menggabungkan filodendron (salah satu jenis philo) dengan ikan dalam satu wadah, misalnya akuarium. Filodendron atau yang lebih kita kenal dengan nama suruh-suruhan ini sangat fleksibel bila dipadupadankan dengan elemen lain.
Filodendron merupakan salah satu jenis dari Philodendron sp yang merupakan anggota dari genus Anthurium famili Araceae. Filodendron sejenis liana yang tumbuh sehingga 20 meter tinggi, dengan batang pokok sehingga 4 sentimeter diameternya. Batang pokok ini memanjat melalui akar-akar udara yang muncul tiap ruas pada dahan pokok. Daun-daunnya berwarna hijau dengan bintik-bintik kuning, berselang-seling, dan berbentuk jantung. Daun-daun muda berbentuk silinder. Terdapat banyak kultivar yang mempunyai daun-daun yang beraneka warna, termasuk warna putih, kuning, dan hijau muda.
Keberadaan tumbuhan ini bisa menunjukkan bahwa di daerah tersebut memiliki curah hujan yang cukup tinggi sekitar 3.000-4.000 mm/tahun. Tak heran bila banyak yang menggunakan sebagai tanaman hias gantung atau ditaruh dalam sebuah wadah yang berisi air. Selain praktis (karena tidak banyak memerlukan tempat tumbuh) juga keberadaannya bisa sebagai anti polusi. beberapa bahan kimia yang bisa diserapnya formaldehid, xilena, dan benzena.
Sebagai tanaman merambat, akan sangat baik bila diberi rambatan baik dari anyaman bambu ataupun batang pakis. Guna mendapatkan hasil yang baik maka sebaiknya menanam filodendron ditempat yang agak teduh. Hindarkan dari terpaan sinar matahari langsung karena akan membakar daunnya. Suhu yang diperlukan untuk tumbuh berkisar 17-30 derajat celcius. Walau hidupnya berada dikawasan lembab tetapi cara penyiramannya dilakukan ketika daun-daunnya terasa kering kala diraba tangan. Seringkali tanaman yang satu ini ditanam sebagai tanaman hidroponik.
Bila hidroponik yang selama ini dikenal hanya sebatas tanaman filodendron saja, kenapa tidak dicoba untuk padupadankan dengan elemen lain, ikan misalnya. Perpaduan keduanya, filodendron dengan ikan akan menghasilkan hidrorium. Ini berasal dari kata hidroponik dan akuarium. Hidroponik untuk tumbuh filodendron dan akuarium untuk tumbuh kembang ikan. Jenis ikan yang sering disandingkan dengan filodendron ini adalah dari jenis guppy dan cupang. Hanya saja keduanya jangan dijadikan satu dalam satu wadah.
Keberadaan hidrorium ini merupakan bentuk simbiosis mutualisme. Tanaman mengeluarkan oksigen untuk dihirup ikan dan manusia, manusia dan ikan mengeluarkan karbondioksida untuk diserap filo. Juga ketika ada jentik-jentik nyamuk di wadah atau fas bunga ini akan dimakan ikan. Salah satu syarat wadah yang digunakan harus yang transparan, dari kaca atau berbahan plastik.***

Tidak ada komentar: