Kamis, 26 Juli 2007

Aglaonema Green Anaconda, Liukannya Bagai Ular Anaconda


Bila selama ini kita mengenal aglaonema hanya ditilik dari ragam corak yang tersebar di daun ataupun batangnya. Pride Sumatra dengan warnanya yang khas membuat si penikmatnya terkesima.
Tapi, kini ada aglaonema keluaran baru yang lebih menojolkan sisi fisiknya. Terutama bentuk batangnya yang beda dengan aglaonema jenis lainnya. Namanya aglaonema green anaconda.
Batangnya yang meliuk-liuk ini laksana liukan ular anaconda yang sedang menerkam mangsa. Warna batangnya yang hijau kehitaman menguatkan hal ini. Beda aglaonema green anaconda dengan aglaonema yang batangnya meninggi terus jatuh karena berat oleh daunnya yakni ketika tinggi batangnya mencapai 30 Cm batang aglaonema green anaconda ini langsung meliuk kebawah.
Seolah mencari tanah untuk tempatnya berpijak dan berkembang biak. Walau jumlah dan bentuk daunnya tidak banyak atau sedikit tetap saja batang ini meliuk ke bawah. Inilah yang membedakan dengan aglaonema jenis lainnya. Bila jumlah daun banyak serta bentuk daun besar maka batang akan rebah karena keadaan berat diatas sehingga batang tidak bisa menyangga lagi.
Sehingga aglaonema green anaconda ini sangat cocok ditanam di pot yang tinggi. Sehingga keeksotikannya nampak dengan menjuntai dan meliuk tadi.
Dikatakan green anaconda karena warnanya yang hijau kehitaman tadi mirip warna kulit ular anaconda. Bahkan liukannya seperti anaconda ketika membelit korbannya. Untuk memperbanyak cukup dengan stek batang ataupun dengan cara tanam merunduk.Artinya, ketika ada batang yang meliuk ini bisa ditutup tanah hingga mengeluarkan akar. Setelah akarnya bertambah banyak baru bisa dipisah dari induknya.***

Tidak ada komentar: