Minggu, 30 Januari 2011

Dinamika: Pelatihan Guru Bahasa Inggris oleh Dubes AS di SMK YPM 1 Taman



Guna meningkatkan profesionalisme guru bahasa Inggris di lingkungan Yayasan Pendidikan Ma’arif Sidoarjo, pada tanggal 17 Januari 2011 diadakan pelatihan tentang strategi mengajar. Bertempat di gedung serba guna SMK YPM 1 Taman, acara yang bertema Supporting the Vision of Creative Classrooms ini diikuti sekitar 48 guru bahasa Inggris SMP hingga SMK YPM.
Adapun nara sumber yang hadir yakni Robert Burgess (Master ELF Tasikmalaya) dibantu tiga asistennya yakni Mary Martin (ETA Bandung), Heather Halk (ETA Bandung) dan Mark Sueyoshi (ETA Parung). Keempat nara sumber ini membagi ilmunya tentang bahasa Inggris kepada guru-guru bahasa Inggris YPM.
“Pelatihan ini merupakan kerja sama SMK YPM 1 Taman dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Lewat perantara RELO (Regional English Language Office) maka pelatihan ini bisa terselenggara,” ujar Fakhrul Ulum, S.Pd., selaku koordinator acara.
RELO memberikan 11 macam perangkat/media pembelajaran, diantaranya majalah FORUM, media News For You, CD lagu anak-anak, dan CD pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
“Dari kelima media pembelajaran tadi, setelah kami terapkan di kelas ternyata sangat efektif. Artinya siswa tidak jenuh dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran bahasa Inggris. Dan harapan kami, kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan setiap tahun agar guru bahasa Inggris semakin terasah kemampuannya,” tutur Achmad Farich, ST., M.Pd selaku Kepala SMK YPM 1 Taman kepada PENA.
Caption: Salah seorang pembicara, Mark Sueyoshi mengadakan dialog dengan peserta pelatihan. (foto-foto:istimewa)

Tidak ada komentar: