Jumat, 27 Juli 2007

Menanam Kaktus dan Sekulen dari Biji



Selain dengan stek, kaktus dan sekulen bisa diperbanyak dengan biji. Hanya saja beberapa jenis kaktus dan sekulen mempunyai biji yang sangat kecil atau bahkan bisa dikatakan halus. Bahkan besarnya tak lebih dari sebutir pasir. Dikehidupan liar di gurun pasir, biji kaktus ini biasa terbawa angin, binatang dan atau air. Lalu biji ini tergeletak disela-sela butir pasir. Bila situasinya memungkinkan maka biji akan tumbuh tunas tapi bila tidak memungkinkan maka biji akan mati.
Apa keuntungan bertanam kaktus dan sekulen dari biji? Kalau kita hitung secara hitungan bisnis, tunas dari biji akan lama besarnya. Tapi kalau dilihat dari kualitasnya dengan kata lain hasil silangan yang didapat lebih baik. Kalau bukan ukuran waktu, mengembangbiakkan kaktus dari biji bukan menjadi masalah.
Yang perlu diperhatikan ketika menanam benih kaktus adalah menghindari jangan sampai biji ini mengalami kekurangan air atau kekeringan. Karena hal ini akan mengakbatkan biji menjadi kering dan mati. Guna menjaga kondisi biji agar selalu tetap basah/tidak kekeringan maka bisa dimasukkan dalam wadah khusus yang bisa menjaga kelembaban udara, kotak plastik khusus atau tempat kaca/gelas.
Biji kaktus ini bisa didapatkan ditoko-toko bunga/nursery atau langsung dari petani bunga kaktus. Sebelum pembenihan dilakukan sebaiknya dipersiapkan wadah dari kaca yang permukaannya lebar dengan tinggi tidak lebih dari 20 Cm. Media tanam yang digunakan sebaiknya media pasir halus yang bisterilkan terlebih dahulu. Cara mensterilkan dengan memanggang atau menggoreng pasir diatas bara api selama beberapa menit. Ini gunanya agar bibit penyakit, jamur ataupun parasit penggannggu pertunasan biji kaktus bisa mati. Setelah dingin baru diletakkan ditempat kaca tadi setebal 6 Cm.
Taburkan biji kaktus secara merata, diatasnya taburi dengan pasir halus lagi hingga biji tertutupi. Lalu semprot dengan air bersih seluruh permukaan tanah tadi secara merata. Sebaiknya gunakan semprotan yang spray-nya keluar halus atau lembut supaya tidak merusak tata letak biji kaktus. Usahakan kondisi dalam tempat pembenihan ini bertemperatus 20 - 25 derajat celsius. Ini bisa dicapai dengan memberi tudung plastik pada seluruh permukaan wadah dengan kata lain wadah kaca ini dikerudungi plastik.
Letakkan wadah ini ditempat yang terhindar dari cahaya matahari langsung agar kelembaban-nya terjaga. Ketika menanam kaktus dari biji sebaiknya kaktus dari spesies yang sama agar pertumbuhannya relatif sama. Mengingat setelah biji bertunas maka sedikit demi sedikit tudung plastik ini dilepas, hingga tunas ini mempunyai lebih dari dua daun maka tudung plastik dilepas sama sekali.
Tunas baru ini baru bisa dipindah ke polybag ketika jumlah daunnya mencapai empat lembar. Dengan perawataan yang intensif maka bakal kaktus dewasa ini siap memberikan bunga ataupun bentuk terbaik pada kita. Selamat mencoba.***

3 komentar:

emirgarden mengatakan...

Pak,infonya sangat bermanfaat. Mohon izin untuk saya posting di blog saya. Matur Nuwun

Sephyta indah dewi mengatakan...

Makasih infonya pak..
Dari biji tumbuhnya kira2 brp lama pak???

Unknown mengatakan...

saya pemula untuk tanam sekulen. coba beli bijinya. makasih infonya