Jumat, 27 Juli 2012

MOS Unik di Smanita dan Maduwa


Lepas Burung dan Balon di MOPD Smanita - Maduwa

Memasuki tahun ajaran baru 2012-2013 semua sekolah mulai tingkat dasar hingga menengah mengadakan Masa Orientasi Peserta Didik baru (MOPD). Secara serempak dilaksanakan oleh semua sekolah pada tanggal 9 hingga 11 Juli 2012, tak terkecuali di SMAN 1 Taman (Smanita) dan Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru (Maduwa).
Di Smanita, MOPD dibuka oleh Drs. H. Panoyo, M.Pd., selaku kepala Smanita dengan diikuti sekitar 300 siswa baru. Sesuai dengan intruksi kepala dinas pendidikan Sidoarjo, Ir. Agoes Boedi Tjahjono, MT., bahwa pelaksanaan MOPD tahun ini tidak diperbolehkan memakai aksesoris yang aneh-aneh.
Siswa baru Maduwa sedang melaksanakan upacara pembukaan MOPD dihalaman madrasah dan pelepasan balon ke udara di acara pembukaan MOPD Smanita. (foto:yupiter sulifan)
Siswa baru Smanita memakai seragam SMP dengan memakai identitas pribadi berbentuk telapak kaki dan tangan yang ada nama masing-masing siswa. Serta membawa seekor burung pipit. Burung pipit ini akan dilepas bersamaan dengan pelepasan puluhan balon ke udara sebagai tanda dibukanya MOPD oleh kepala Smanita.
Menurut H. Maryoto,S.Pd.,M.Pd., selaku waka kesiswaan maksud dengan dilepaskannya burung pipit dan puluhan balon ke udara ini sebagai symbol bahwa siswa baru Smanita harus mempunyai cita-cita dan kemauan yang tinggi serta mau melanglang buana meraih cita-citanya. “Seperti burung pipit yang terbang bebas mencari makan itu,” ujar Maryoto.
Selama masa MOPD, siswa baru diberi bekal materi tentang tata tertib Smanita, Sopan santun, wawasan wiyata mandala, serta budaya belajar siswa Smanita.
Sementara itu di Maduwa pelaksanaan MOPD berlangsung marak bertempat dihalaman madrasah ini. Dibuka secara resmi oleh kepala Maduwa, M. Mustofa, S.Ag., diikuti oleh sekitar 230 siswa baru. Dengan berkostum rompi tas kresek warna merah serta memakai topi dari pot bunga plastic, siswa baru mengikuti setiap acara MOPD ini dengan tertib.
“Sengaja memakai pot bunga plastic dibuat topi tujuannya diakhir acara MOPD pot bunga ini bisa dimanfaatkan untuk penghijauan dengan ditanami aneka tanaman bunga,” tutur M. Fanani, S.Sos selaku kaur kesiswaan.
Diantara materi yang diberikan ke siswa baru yakni tentang keaswajaan, cara belajar di Maduwa, tata tertib di Maduwa serta wawasan wiyata mandala. Dihari terakhir siswa baru diajak kemah bakti di daerah wisata desa Dlangu Mojokerto. YUS

Tidak ada komentar: