Minggu, 24 April 2011

Dinamika : Antisipasi Pelanggaran, SMPN 2 Taman Bentuk DISKAM



Adanya pelanggaran disiplin yang banyak dilakukan siswa menuntut sekolah untuk bertindak cepat dan tepat. Selain memberi ‘didikan’ khusus bagi siswa yang melanggar peraturan, pihak sekolah juga berusaha untuk mengantisipasi pelanggaran agar tidak terulang kembali.
Untuk itulah dibentuk tim khusus yang diberi nama DISKAM atau Disiplin dan Keamanan. Tepatnya pada tanggal 4 April 2011 lalu secara resmi dikukuhkan keberadaannya di SMPN 2 Taman oleh Drs. H. Achmad Zainul Afani, M.Pd., selaku Kepala SMPN 2 Taman. Sebanyak 41 siswa terdiri dari kelas 7 dan 8 merupakan anggota DISKAM dilantik setelah upacara bendera hari Senin.
“DISKAM ini merupakan pengembangan dari tim PDS (Penegak Disiplin Sekolah) dan sebenarnya mulai ada keberadaannya sejak dua tahun yang lalu,” ujar Drs. Abdul Hamid guru Pembina DISKAM SMPN 2 Taman pada PENA.
Dengan memakai atribut khusus, setiap anggota DISKAM akan bisa dibedakan dengan siswa lain. Ini untuk mengingatkan anggota DISKAM bahwa mereka punya tanggung jawab khusus yakni membantu sekolah untuk menegakkan kedisiplinan dan keamanan di sekolah dikalangan teman-temannya.
“Titik awal yang bisa dilakukan yakni mengingatkan dirinya agar selalu mematuhi peraturan sekolah sekaligus menjaga keamanannya. Mereka juga mengingatkan teman yang seragamnya belum dirapikan. Memberi contoh pada temannya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Jadi mereka member keteladanan pada teman sebanya,” urai guru Biologi ini tentang kinerja DISKAM.
Anggota DISKAM diambil dari beberapa pengurus OSIS, Paskib, Perwakilan Kelas/PK dan pramuka. Dengan porsi latihan dua kali dalam seminggu, hari Senin dan Rabu jam sepulang sekolah. “Pihak pelatih pun kami datangkan khusus dari aparat kepolisian, koramil hingga tenaga kesehatan. Semua ini kami lakukan untuk menumbuhkan wawasan dan perilaku disiplin siswa dalam berbagai hal,” lanjut Drs. Abdul Hamid.
“Mengingat sikap disiplin merupakan awal dari segala prestasi. Oleh karena itu kami fokuskan kedisiplinan ini dikalangan siswa agar nantinya mereka bisa menerapkannya didalam kehidupan bermasyarakat kelak. Dan jangka pendeknya, siswa bisa mencapai prestasi puncak dalam studinya,” imbuh Drs. H. Achmad Zainul Afani, M.Pd.. YUS
Caption: Drs. Abdul Hamid (kiri) dan Drs. H. Achmad Zainul Afani, M.Pd., (kanan) foto bersama anggota DISKAM sesaat setelah acara pengukuhan DISKAM. (foto:YUS)

Tidak ada komentar: