Minggu, 21 Agustus 2011

Semarak Agustusan dan Ramadhan Mubarak di Smanita


Walau peringatan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan RI berlangsung pada bulan Ramadhan namun hal ini tidak mengurangi semangat untuk memeriahkannya. Ini terlihat di SMAN 1 Taman. Selama dua hari menjelang bulan suci Ramadhan, tanggal 29-30 Juli dilaksanakan perlombaan Agustusan.
Adapun lomba yang digelar pihak kesiswaan dan OSIS Smanita ini diantaranya lomba patrol modern, karaoke bergaya, jalan sehat berhadiah, membawa kelereng dengan sendok , memasukkan paku dalam botol dan lomba merias kelas bernuansa Ramadhan. “Pelaksanaan perlombaan Agustusan dilaksanakan sebelum bulan Agustus ini untuk memberikan kesempatan siswa dan guru yang melaksanakan kewajiban puasa untuk lebih khusyuk mengingat tanggal 17 itu tepat bulan puasa,” H. Maryoto,M.Pd selaku Waka Kesiswaan kepada PENA.
Kewajiban mengikuti lomba ini bukan hanya diterapkan pada siswa, guru juga diwajibkan mengikutinya. Ada pertandingan bulutangkis ganda campuran, bola voli hingga membawa kelerang diatas sendok. Kalah menang bukan tujuan utama dalam perlombaan kali ini, yang penting semangat kemerdekaan tetap terpatri dalam diri warga besar Smanita.
Ramadhan Mubarak
Untuk berlomba mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya di bulan suci Ramadhan, diadakan POndok Ramadhan bagi siswa kelas X hingga XII. Pondok Ramadhan yang berlangsung selama enam hari dibagi munurut kelas parallel. Kelas XII tanggal 5-6 Agustus, kelas XI tanggal 12-13 Agustus dan kelas X pada tanggal 19-20 Agustus.
Adapun materi yang diberikan disesuaikan dengan tingkatan kematangan peserta Pondok Ramadhan. Ada kegiatan sholat duha berjamaah, taddarus Qur’an, ESQ, pemantapan ibadah, doa yang khusyuk hingga kegiatan pengumpulan zakat.
“Pembagian pelaksanaan waktu Pondok Ramadhan ini bertujuan supaya kegiatan belajar mengajar tetap berjalan efektif, siswa yang lain masih bisa menikmati pelajaran dari guru sedangkan siswa lainnya mendapat tambahan ilmu agama. Tentang zakat yang dikoordinir oleh OSIS ini melatih siswa untuk peka dan peduli dengan nasib orang yang kurang mampu. Dengan kepedulian ini, diharapkan siswa tidak akan merendahkan atau menghina kaum miskin melainkan sama-sama menghormatinya,” ujar Drs. H. Panoyo, M.Pd Kepala SMAN 1 Taman. YUS
Caption foto:
1. Salah satu penampilan kelas dalam lomba patrol modern, atraktif dan lucu.
2. Antusias siswa saat mengumpulkan zakat dikoordinir OSIS. (foto-foto:YUS)

Lensa Pena
Makam Ramai: Menjelang Ramadhan dan Lebaran banyak peziarah mendatangi makam sanak keluarganya untuk memanjatkan doa kepada para leluhur. Ini merupakan tradisi religi yang sudah mengakar di kehidupan masyarakat kita. (foto:yupiter sulifan)

Tidak ada komentar: