Sabtu, 30 Oktober 2010

Bekali Anggota dengan IT


Komentar
Rohmad, S.Pd., Andalan Kwaran Kecamatan Taman:
Bekali Anggota dengan IT
Keberadaan pramuka di sekolah sungguh sangat memprihatinkan. Selain dipandang sebelah mata juga sangat minim jumlah anggotanya. Dengan kata lain sedikit sekali siswa yang tertarik dan mau masuk mengikuti kegiatan kepramukaan.
Sebagian siswa menganggap kalau ikut pramuka itu ketinggalan jaman, kuno bahkan tidak berguna sama sekali. Padahal kalau kita mau menggali dan mengikuti lebih dalam kegiatan pramuka itu sangat besar dan banyak manfaatnya.
Selain bisa menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan juga bisa membentuk watak dan budi pekerti luhur di kalangan siswa. Hanya saja selama ini cara penyampaian materi tentang kepramukaan yang masih jauh dari ideal. Artinya, system pendidikan pramuka yang kurang menarik, menyenangkan, kurang menantang, belum terarah dan teratur. Hal inilah yang menjadi tantangan besar kalangan Pembina pramuka di sekolah.
Kalau selama ini yang diajarkan dalam kepramukaan adalah tepuk tangan, menyanyi dan tali temali, sudah saatnya mereka memberikan bekal pada anggota pramuka tentang IT serta iptek. Tidak bisa dipungkiri IT saat ini menguasai hampir semua sisi kehidupan kita. Kemajuan teknologi HP dan internet sudah menjadi kebutuhan hidup kita.
Sudah sepatutnya anggota pramuka juga harus menguasi IT dan iptek setidaknya bisa mengetahui perkembangan gerakan pramuka di daerah atau Negara lain. Dan ini bisa dijadikan ajang tukar pengalaman dan informasi.
Disamping itu, dengan menguasai IT maka anggota pramuka akan terbuka wawasannya, bertambah pengetahuannya sehingga secara tidak langsung dia sudah menempatkan diri sebagai diri yang berpotensi.
Bila perlu setiap kegiatan kepramukaan itu dipublikasikan di internet agar semua masyarakat mengetahui dinamika gerakan pramuka. Serta masyarakat bisa memberikan komentar dan masukan untuk kemajuan dan perkembangan gerakan pramuka.
Dengan kemajuan IT, anggota pramuka juga bisa mengetahui pengetahuan lainnya yang akan bisa menunjang kemajuan kegiatan pramukanya. Misalnya tentang dunia pengobatan, makanan minuman, survival hingga pengetahuan tentang memperbaiki berbagai peralatan.
Kalaupun mungkin, kegiatan pramuka di sekolah itu harus diwajibkan pada setiap siswa. Bukan di sunnahkan, artinya setiap siswa harus dan wajib mengikuti kegiatan kepramukaan. Hal ini harus diimbangi dengan materi atau bahan ajar tentang kepramukaan yang menyenangkan dan tidak membosankan. Inilah sebenarnya tantangan bagi Pembina pramuka serta pihak-pihak yang merasa memiliki pramuka sebagai wadah untuk membentuk watak dan budi pekerti siswa. YUS

Tidak ada komentar: