Minggu, 30 Agustus 2009

Intip Kebiasaan Warga Waru Jelang Ramadhan


Marhaban ya Ramadhan! Insyaalloh pertengahan bulan ini sudah memasuki bulan Ramadhan, sekitar tanggal 22 Agustus. Ramadhan, bulan yang dinanti umat Islam mengingat bulan ini Alloh menurunkan limpahan rahmad tak terhingga banyaknya. Bulan penuh ampunan, bulan seribu bulan dan masih banyak sebutan bagi bulan puasa ini. Hingga umat Islam berlomba ibadah dengan berbagai cara dalam mengisi serta mensyukuri tibanya bulan Ramadhan. Bagaimana kebiasaan umat Islam di Waru menjelang dan saat bulan Ramadhan? Berikut ulasannya.
1. Kerja Bakti di Mushollah & Masjid
Seminggu sebelum Ramadhan tiba, warga beramai-ramai kerja bakti di mushollah, langgar ataupun di masjid-masjid. Memperbarui cat tembok, pagar hingga mencuci karpet dilakukan bersama-sama. Mengingat sebulan penuh tempat ini akan dipakai untuk ibadah sholat tarwih. Walau setiap harinya dipakai jamaah tapi khusus Ramadhan yang suci harus ada perbedaan.
2. Megengan
Menjelang datangnya Ramadhan, warga bersyukur dengan memberikan kue ke tetangga dan sanak saudara. Saling mengantar kue. Kue apem dan pisang, dua makanan ini seolah wajib ada saat megengan selain aneka kue lainnya. Falsafah dari kue apem dan pisang sebagai wujud bakti anak ke kedua orang tua, bukan pada bentuk fisiknya melainkan doa yang dipanjatkan ini yang utama.
3. Ziarah Makam Leluhur
Sehari sebelum Ramadhan, kebiasaan warga selalu ziarah ke makam leluhur. Nyekar sambil memanjatkan doa di makam orang tua atau leluhur yang sudah mendahului menghadap Alloh SWT. Inilah momen temu kangen/reuni bagi yang berada diperantauan untuk berkumpul di keluarga besarnya.
4. Mandi Keramas
Kebiasaan lainnya, mandi keramas dilakukan warga sehari sebelum Ramadhan tiba. Falsafahnya, ketika masuk bulan Ramadhan dan menjalankan ibadah wajib puasa, umat Islam sudah dalam keadaan suci bersih dari najis. Biasanya anak-anak mandi keramas di mushollah atau masjid saat mereka membantu bersih-bersih, mengepel lantai misalnya.
Seje deso mawa cara! Ini kebiasaan umat Islam di kota Waru yang kesemuanya dilakukan guna menghormati sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan, semoga Alloh SWT menerima ibadah kita, Amin. Marhaban ya Ramadhan.

Tidak ada komentar: