Rabu, 12 September 2012

MANFAAT SENTUHAN


Sentuhan adalah aktivitas intim yang menjadi kebutuhan dasar manusia. Tanpa sentuhan, seseorang akan jauh lebih rentan terhadap depresi, stres, mudah gelisah, kehilangan kepercayaan diri dan kehilangan motivasi. Bisa berarti sesuatu yang dapat memberikan rasa nyaman, terhibur, atau bahagia. Saling menyentuh secara rutin membuat endorfin mengalir yang menciptakan kenikmatan dan ketenangan untuk membantu meredakan stres.
Kenali lebih jauh manfaat sentuhan:

Kenyamanan.

Ketika anak menginjak usia balita, mereka juga merespon sentuhan manusia dengan baik. Pijatan juga mampu membuat anak hiperaktif menjadi merasa lebih tenang. Kegelisahan mereka menjadi jauh lebih rendah. Sentuhan juga memiliki dampak positif pada anak yang mempunyai gangguan perilaku.
Mengusir stres.
Sentuhan memiliki kekuatan untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi produksi hormon stres. Aktivitas ini juga meningkatkan kadar oxytocin, yang bertanggung jawab untuk menghasilkan efek menenangkan.

Meredam emosi.

Sentuhan manusia, terutama dari jenis non-seksual, memiliki efek menghibur dan menenteramkan serta membantu mengelola kecemasan. Itulah sebabnya mengapa perasaan menjadi lebih baik, ketika memeluk atau memegang tangan seseorang yang Anda sayangi.Jenis sentuhan non-seksual juga memainkan peranan penting dalam mempertahankan dan memperkuat ikatan dengan pasangan. Sentuhan non-seksual antara pasangan juga sering mencerminkan kenyamanan.

Penyembuhan dan pemulihan.

Menurut American Hospital Association, sekitar 37 persen rumah sakit di seluruh Amerika Serikat menawarkan pengobatan alternatif lewat terapi sentuhan. Terapi sentuhan dengan cara pijatan ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, terutama pada wanita yang menderita kanker payudara. (diolah dr berbagai sumber)

2 komentar:

Tamam Malaka mengatakan...

memang bentoel sekali mas guru... wah, catatan blognya makin ranum sajo. Isu yang diangkat mulai mengarah pada kebutuhan banyak orang,dari kemaren kan soal sekolah, hehehehe

Apa nggak kepikiran untuk menurunkan soal manfaat menanam bunga taman di rumah ini, sangat ditungguuuu

Y. Sulifan mengatakan...

makasih atensi pd coretan di blog ini bung tamam...mengenai manfaat bunga taman bagi rumah plus penghuninya..ditunggu aja krn saya sdh punya tuh artikel n tinggal aplod aja...suwun sekali lagi :)