Sabtu, 02 Juli 2011

Dinamika Sekolah/Madrasah di Sidoarjo

Dinamika
Salam Persahabatan SMAN 1 Berau ke Smanita
Untuk mengisi liburan sekolah ternyata banyak ragamnya, melakukan kunjungan persahabatan salah satu contohnya. Seperti yang dilakukan pihak SMAN 1 Berau Kalimantan Timur beserta pengurus OSIS-nya berkunjung ke SMAN 1 Taman Sidoarjo, 20 Juni lalu.
Dalam acara yang bertema Salam Persahabatan ini, OSIS SMAN 1 Berau mengajak 30 pengurusnya serta didampingi lima Pembina OSIS, termasuk Kepala SMAN 1 Berau, Hj. Juanita Sari, M.Pd. “Awalnya kami belum tahu SMAN 1 Taman ini tapi karena adanya facebook dan anak-anak OSIS yang menyambungkan, akhirnya kami mengenalnya dan berkeinginan untuk mengunjungi. Dan hari inilah kami bisa hadir dan disambut dengan sangat meriah lagi bersahabat,” kata Kepala SMAN 1 Berau, Hj. Juanita Sari, M.Pd., saat memberi sambutan.
Walau sudah berstatus RSBI, tapi SMAN 1 Berau masih berkeinginan menggali ilmu dari SMANITA terutama kegiatan OSIS. “Kami sangat terharu dan bangga karena SMANITA yang masih SSN ini dijadikan tempat belajar dari sekolah RSBI. Begitu juga sebaliknya, kami akan banyak menimba ilmu dari SMAN 1 Berau dalam berbagai hal demi kemajuan sekolah kami,” tutur Drs. H. Panoyo, M.Pd., Kepala Smanita dalam sambutan balasannya.
Selain menyaksikan tayangan video kegiatan OSIS Smanita dalam acara Salam Persahabatan ini juga menampilkan beragam atraksi seni dan kreatifitas kedua pengurus OSIS. Dari OSIS Smanita menampilkan tari Remo, banjari, dan band akuistik. Sedangkan OSIS SMAN 1 Berau menyajikan musikalisasi puisi serta tari tradisionalnya.
Sebelum mengakhiri kunjungan pihak SMAN 1 Berau masih disuguhi atraksi dari aneka kegiatan ekstrakurikuler Smanita dari paskibra, karate, cheer leader, moderen dance, dan pertandingan persahabatan futsal. YUS
Caption: Banjari Smanita menghibur sahabat karibnya dari SMAN 1 Berau dalam acara Salam Persahabatan. (foto:YUS)


Dinamika
Gelar Kreatifitas Seni Siswa Smanita
Selama satu tahun menerima kucuran ilmu seni dan ketrampilan, siswa Smanita berunjuk kreasi seninya dalam acara Gelar Kreatifitas Seni Smanita, 18 Juni lalu. “Ini bentuk aktualisasi dari siswa setelah setahun menerima teori tentang seni setidaknya mereka bisa menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa kemampuan seni yang dimilikinya bisa diandalkan,” ujar Kristanti Handayani, S.Pd., guru pembimbing seni SMAN 1 Taman Sidoarjo.
Moment acara gelar kreatifitas ini bersamaan dengan penerimaan buku laporan hasil pendidikan atau raport jadi orang tua murid yang mengambil raport anaknya bisa milihat secara langsung hasil karya anak-anaknya.
Gelar kreatifitas ini berlangsung di halaman parkir sebelah barat dengan menampilkan karya-karya fotografi, lukisan, sketsa, anyaman, sulaman, lampion hingga sepatu lukis. Decak kagum para orang tua yang melihat hasil karya siswa Smanita. Seperti yang diungkapkan Rahmawati, orang tua dari siswa kelas XI,”Ternyata anak-anak ini hebat juga dalam membuat rajutan, nih unik juga untuk hiasan di meja.”
Rajutan yang dimaksud adalah pilinan kertas Koran yang dililitkan dengan bantuan kawat hingga menjadi vas bunga yang unik. Ada juga sepatu yang dilukis dengan aneka warna dan gambar yang mencolok. Untuk karya fotografi, berbagai sudut pandang dan beragam kondisi sehingga menghasilkan karya foto yang menakjubkan.
“Kalau mereka mau menekuninya, ketrampilan seni yang dimiliki sebenarnya bisa digunakan sebagai mata pencarian atau berwiraswasta sendiri,” kata Kristanti Handayani yang piawai dalam menggambar kartun untuk anak TK ini kepada PENA.
Kristanti mempunyai keinginan hasil karya siswa ini akan dilelang dan hasilnya akan dipergunakan untuk membangun galeri seni di Smanita. “Bila ada galeri seni, saya berkeyakinan anak-anak akan lebih terpacu dalam berkreasi karena mereka akan sangat menginginkan hasil karyanya dipajang di galeri seni sekolah. Semoga harapan ini cepat terealisasi,” harap Kristanti yang juga mahir menari tradisional ini. YUS
Caption: Pengunjung saat menikmati hasil karya siswa Smanita di acara Gelar Kreatifitas Siswa Smanita. (foto:YUS)

Dinamika
Wisuda Purna Siswa Smanita
Bertempat di hall lantai 3 gedung PWNU Jatim, gelar Wisuda Purna Siswa Smanita yang berlangsung 21 Mei lalu berjalan sukses. Gelar wisuda ini merupakan pertama kali yang diadakan di luar lingkungan sekolah.
“Kalau beberapa tahun yang lalu acara wisuda selalu diadakan di halaman sekolah tapi untuk tahun ini kami adakan di luar sekolah dan anak-anakpun menyetujuinya. Gedung PWNU Jatim adalah pilihannya,” ujar Dra. Marfuah selaku ketua panitia Wisuda Purna Siswa ke-24 tahun. Pilihan temapt di gedung PWNU Jatim, selain tidak terlalu mahal juga fasilitasnya memadai dan yang terpenting jaraknya tidak terlampau jauh dari tempat tinggal siswa.
Untuk tahun ini Smanita mewisuda 296 siswa kelas XII yang lulus 100 persen dengan nilai UN yang sangat memuaskan. Bahkan salah seorang siswi Smanita, Ari Tri Maria meraih nilai UN IPS terbaik se-Sidoarjo. Sebagai bentuk apresiasi sekolah kepada prestasi yang diraih siswanya, pihak sekolah memberikan kenang-kenangan kepada siswa yang berprestasi. Pelaksanaannya dilakukan sebelum prosesi wisuda dimulai.
Diawal acara para calon wisudawan beserta keluarga dihibur dengan alunan lagu-lagu dari tim paduan suara serta hiburan tari Jejer yang dibawakan oleh tiga siswi kelas X dibawah asuhan Kristanti Handayani, S.Pd. Juga dibacakan nama-nama wisudawan yang berhasil masuk PTN lewat jalur PMDK dan prestasi yang berjumlah 69 orang. YUS
Caption:Tari Jejer menghibur calon wisudawan dan keluarga di acara Wisuda Purna Siswa Smanita. (foto:YUS)

Dinamika
Wisuda Siswa Maduwa
Satu tahapan sudah dilewati siswa-siswi kelas XII MA Darul Ulum Waru (Maduwa) yakni mengikuti ujian nasional dan dinyatakan lulus 100 persen. Sehingga mereka layak diwisuda dan menerima ijasah.
Untuk itulah wisuda siswa maduwa dilaksanakan pada tanggal 19 Juni bertempat di halaman Maduwa. Untuk tahun ini pihak madrasah mewisuda 189 siswa. Acara wisuda yang dibuka dengan alunan sholawat nabi diiringi banjari dari siswa-siswi kelas X ini dihadiri walimurid, guru serta pengurus yayasan Amanu.
Sebelum acara prosesi wisuda dimulai, ditampilkan kepiawaian siswa-siswi Maduwa dalam berpidato. Untuk kali ini pidatonya menggunakan tiga bahasa, Jepang, Arab dan Inggris. Para orator muda Maduwa ini sudah sering menjuarai lomba pidato terutama bahasa Jepang yang beberapa waktu lalu meraih prestasi tertinggi di Unesa.
Pihak madrasah juga memberikan tali asih kepada siswa-siswi yang berprestasi dan dalam sambutannya, Kepala MA Darul Ulum, M. Mustofa, S.Ag. berharap agar wisudawan ini berani dan mampu mengamalkan semua ilmu yang didapat selama belajar di Maduwa.
“Tunjukkan pada masyarakat bahwa selama mencari ilmu di Maduwa ada hasilnya, jadilah pelopor kebaikan di masyarakat dengan ketrampilan dan ilmu yang kalian miliki,” ujar Mustofa, S.Ag. YUS
Caption: Para wisudawan yang berprestasi foto bersama pimpinan madrasah. (foto:YUS)

Dinamika
Pelepasan Murid TK Nurul Azizi 3 Waru
Sebagai bentuk acara pisah kenang murid-murid TK-B TK Islam Nurul Azizi 3 Pondok Tjandra Waru maka diadakan acara Rekreasi Bersama Keluarga Besar TKI Nurul Azizi 3 Waru. Adapun tempat tujuannya di tempat wisata Jatim Park 2 Malang pada tanggal 6 Juni lalu.
Ditempat wisata yang berhawa sejuk ini murid TK-B bermain dengan sepuasnya, berenang dan berseluncur air. Acara dilanjutkan berfoto bersama murid dan ustadzah.
Adapun pembagian raport dan ijasah dilaksanakan pada tanggal 15 Juni. Saat acara pembagian rapor ini, suasana haru tergambar manakala salah seorang orang tua murid memberikan sambutan disusul dengan isak tangis ustadzah dan wali murid lain yang mayoritas ibu-ibu ini.
Dalam sambutannya, kepala TK Islam Nurul Azizi 3 berkata bahwa ilmu yang didapat murid-murid dari sekolah ini belum seberapa besar. “Anak-anak disekolah hanya beberapa jam saja, sedangkan waktu di rumah lebih banyak. Selama ini kami hanya bisa memberikan ilmu yang tidak seberapa ini dan semoga bias menjadi bekal anak-anak disekolah yang lebih tinggi. Mohon maaf atas semua kekurangan kami,” ujar Lilik Muafiyah,S.PdI,.MM., selaku Kepala TKI Nurul Azizi 3 Waru. YUS
Caption: Para murid TK-B berfoto bersama ustadzah saat perpisahan. (foto:YUS)

Tidak ada komentar: